Manfaat Media Pembelajaran
23.40
By
Unknown
0
komentar
Fungsi media dalam kegiatan
pembelajaran merupakan bagian yang sangat menentukan efektifitas dan efisiensi
pencapaian tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan media terdiri dari fungsi yaitu Mengubah titik berat pendidikan
formal, yang artinya dengan media pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi
kongkret, pembelajaran yang sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.
Membangkitkan motivasi belajar Memperjelas penyajian pesan dan informasi.
Memberikan stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu. Fungsi media,
khususnya media visual bahwa media tersebut memiliki empat fungsi yaitu:
fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompensatoris. Dalam
fungsi atensi, media visual dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi kepada isi pelajaran.Fungsi afektif dari
media visual dapat diamati dari tingkat “kenikmatan” siswa ketika belajar
(membaca) teks bergambar. Dalam hal ini gambar atau simbul visual dapat
menggugah emosi dan sikap siswa. Berdasarkan temuan-temuan penelitian
diungkapkan bahwa fungsi kognitif media visual melalui gambar atau lambang
visual dapat mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran untuk memahami dan
mengingat pesan/informasi yang terkandung dalam gambar atau lambang visual
tersebut. Fungsi kompensatoris media pembelajaran adalah memberikan konteks
kepada siswa yang kemampuannya lemah dalam mengorganisasikan dan mengingat
kembali informasi dalam teks. Dengan kata lain bahwa media pembelajaran ini
berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan
memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks (disampaikan secara
verbal). Enam fungsi media,
yaitu:Membangkitkan motivasi belajar Mengulang apa yang telah dipelajari
Menyediakan stimulus belajar Mengaktifkan respon murid Memberikan umpan balik
dengan segera Menggalakkan latihan yang serasi Dalam Sadiman ( 2005:17) secara
umum media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berkut : Memperjelas penyajian
pesan agar tidak terlalu bersifat verbal Mengatasi keterbatasan ruang, waktu
dan daya indera. Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat
mengatasi sikap pasif anak didik. Dengan sifat yang unik pada setiap siswa
ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan
kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru
banyak mengalami kesulitan bilamana semua itu harus diatasi sendiri. Hal ini
akan lebih sulit bila latar brlakang lingkungan guru dengan siswa berbeda.
Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya
dalam : · Memberikan perangasangan yang sama · Mempersamakan pengalaman ·
Menimbulkan persepsi yang sama Dari beberapa pendapat tersebut dapat
disimpulkan fungsi media dalam pembelajaran secara rinci adalah sebagai
berikut: Memperjelas penyajian materi (pesan) dalam bentuk visualisasi yang
jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat verbalistis. Mengatasi keterbatasan
ruang, waktu dan daya indera. Menjadikan pengalaman manusia dari abstrak
menjadi kongkret Memberikan stimulus dan rangsangan kepada siswa untuk belajar
secara aktif Dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan
prestasi belajar. Dengan memanfaatkan keempat fungsi di atas diharapkan kita
dapat mengoptimalkan fungsi dari media dan mendapatkan efektivitas pemanfaatan
media pada proses pembelajaran.
0 komentar: